Selasa, 24 Desember 2013

TEKNOLOGI INTERNET? PERLU ATAU TIDAK?


TEKNOLOGI INTERNET? PERLU ATAU TIDAK?
Oleh: Liza Tri Handayani
Berbicara mengenai teknologi pasti tidak ada yang tidak tahu, hampir anak usia 2 tahun saja sudah mulai mengenali apa itu internet, dari yang muda sampai yang tua sekalipun tidak asing lagi dengan internet. Sebenarnya bagaimana peran internet? Apakah internet banyak mendatangkan sisi positif daripada sisi negatif? Seharusnya sebuah teknologi diciptakan agar dapat memudahkan manusia dalam melakukan aktivitasnya. Namun, itu hanyalah sebuah persepsi kuno. Pada kenyataannya teknologi atau lebih kepada internet sendiri bisa membuat manusia menjadi bergantung pada internet. Internet menyediakan fasilitas informasi yang lengkap, kita bisa mendapatkan informasi yang kita mau, bahkan dengan internet itu juga kita bisa meng-copast apa yang kita butuhkan. Sehingga di zaman sekarang ini banyak sekali terjadi plagiat.
Tidak hanya itu saja, internet juga bisa membuat anak bergantung pada internet. Misal saja sekarang ini social media telah bertebaran di internet, faktanya anak lebih suka bermain di social media daripada belajar. Bahkan anak usia SD saja banyak yang telah memiliki facebook. Usia anak SD juga telah memiliki handphone. Dari hal-hal itu ternyata banyak pengaruh yang timbul, mulai dari anak yang malas belajar, psikologi yang mulai berubah, yang seharusnya anak masih dalam masa bermain-main sesuai dengan tingkat perkembangan psikologisnya, tetapi sekarang ini anak berkembang dan mulai dewasa dini, anak menjadi cepat berkembang tingkat psikologisnya, tetapi perkembangannya itu tidak sesuai dengan kemampuan yang sesungguhnya.
Peran orang tua sangat perlu dalam membimbing anak, memandu anak untuk bisa memilih dan memilah mana saja hal yang baik dan hal yang buruk. Mana saja hal yang dianggap perlu dan hal yang dianggap tidak perlu. Sehingga anak tetap berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya. Apakah perlu atau tidak sebuah teknologi? Jawabannya adalah relatif, jika kita bisa menggunakan sebuah fasilitas sesuai porsi dan sesuai dengan kebutuhan pasti dampak negatif dapat terminimalisir. Tetapi bagaimana dengan porsi yang berlebihan dalam penggunaan teknologi? Tentu saja akan ada dampak negatif seiring penggunaan yang berlebihan, manusia sampai-sampai diperbudak teknologi. Jadi, perlu atau tidaknya sebuah hal itu sesuai dengan apa yang kita butuhkan, kita tahu bahwa segala hal yang berlebihan tentu tidak baik, sehingga dari hal itu kita bisa belajar untuk menggunakan segala hal sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar