Senin, 26 November 2012

Makalah Teori Membaca


MEMBACA POSSE
Makalah ini disusun untuk memenuhi mata kuliah Teori Membaca
Dosen Pengampu Bapak M. Fakhrur Saifudin




Kelompok 6 :
1.      Chrismeina Tulus Astuti      (A310120226)
2.      Mistinurasih                           (A310120227)
3.      Indri Nur Aprilingtyas         (A310120230)
4.      Liza Tri Handayani              (A310120232)
5.      Nila Rahmawati                    (A310120237)


PENDIDIKAN BAHASA SASTRA INDONESIA DAN DAERAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2012

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Membaca adalah proses dimana kita berusaha untuk mengetahui apa yang terkandung dalam suatu teks bacaan, entah hanya untuk ingin sekedar mencari informasi, atau membaca untuk menemukan hal-hal penting yang terkandung dalam suatu teks bacaan.
Membaca Posse merupakan kemampuan membaca sekaligus mempelajari apa yang terkandung dalam suatu teks, strategi ini biasanya digunakan pada proses pembelajaran tingkat dasar atau sekolah dasar karena dirasa efektif dan sesuai dengan daya serap untuk menerima pelajaran anak-anak pada umumnya. Menggunakan strategi ini siswa bisa membandingkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya dengan apa yang akan dibaca nanti, sehingga mereka bisa menggabungkan hal-hal pokok yang dirasa penting dengan cara meringkasnya. Karena strategi membaca ini dirasa penting dan perlu, maka kelompok kami membuat makalah dengan judul Membaca Posse.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa hakikat dan tujuan pengajaran membaca posse?
2.      Bagaimana proses pengajaran membaca posse?
3.      Bagaimana teknik membaca posse?
C.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui hakikat membaca posse
2.      Untuk mengetahui proses pembelajaran membaca posse
3.Untuk mengetahui apa saja teknik-teknik membaca posse                                                             










BAB II
PEMBAHASAN

A.    Hakikat dan Tujuan Membaca Posse
Strategi membaca posse adalah strategi pemahaman membaca yang menggabungkan antara kemampuan membaca dan sekaligus mempelajarinya secara praktis dan efektif bagi pembaca. Membaca posse menggunakan strategi memprediksi, mengatur, mencari, meringkas, dan menilai untuk dapat memahami informasi atau menjelaskan isi yang terkandung dalam suatu teks.
Menggunakan strategi membaca ini sebelumnya harus memiliki pengetahuan tentang apa yang akan dibaca, yang akan mendorong siswa untuk mengorganisir pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya kemudian meringkas dan menguraikan secara terperinci antara hubungan mengenai pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya dan yang akan dipelajari (Englert dan Mariage 1991).
B.     Proses Pengajaran Membaca Posse
1.      Tahap pertama berikan siswa beberapa strategi membaca posse dan jelaskan bagaimana pokok-pokok setiap tahapan yang akan dilakukan di dalam strategi dan masukkan konsep atau memetakan pikiran untuk membantu apa yang mereka pikirkan. Tunjukkan pada siswa mengenai strategi tersebut dan dibagi menjadi dua kegiatan sebelum membaca (prediksikan dan kembangkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya) dan tiga kegiatan untuk melengkapi selama membaca dan setelah membaca (mencari, meringkas, dan menilai).
2.      Tahap kedua adalah memprediksi, pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah menggali latar belakang pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya oleh otak apakah teks yang digunakan menjadi teks penunjuk serupa sebagai judul, bagian depan, atau gambar maupun diagram atau paragraf permulaan dan lain sebagainya. Hal ini sangat membantu siswa untuk bertanya.
3.      Tahap ketiga adalah mengatur yaitu siswa mengatur pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya atau memprediksinya ke dalam bahasa atau konsep pemetaan. Merundingkan dengan siswa mengenai ide baru yang akan dijadikan topik yang akan dipelajari. Berikan siswa kartu yang berisi isyarat dengan menggunakan strategi posse dan jelaskan mengenai kartu yang dijadikan sebagai isyarat tersebut yang digunakan untuk kelompok diskusi mereka dalam mengikuti tahapan pada strategi membaca posse.
4.      Tahap keempat adalah mencari, siswa membaca teks untuk menerima prediksi-prediksi dan menentukan ide pokok yang terkandung.
5.      Tahap kelima adalah meringkas, Siswa meringkas hal-hal yang dirasa penting.
6.      Tahap keenam adalah menilai, tahap menilai ini dibagi menjadi empat proses yaitu, pertanyaan (question), membandingkan (compare), menjelaskan (clarify), dan memprediksi (predict).
a.       Pertanyaan (Question): Bacalah ringkasan yang telah dibuat kemudian membuat pertanyaan tentang ide pokok yang ada dalam paragraf (siswa juga dapat memberi pertanyaan pada saat tahap meringkas atau tahap kelima). Sebuah pertanyaan yang telah dibuat diberikan untuk membantu siswa agar mengembangkan pertanyaan yang sesuai dengan ide-ide pokok pada paragraf.
b.      Membandingkan (Compare): Siswa membandingkan pemetaan konsep atau mengorganisir grafik yang telah disiapkan sebelum membaca, dengan pemetaan konsep yang dipersiapkan sebelumnya akan mempermudah dalam melakukan diskusi (tahap keempat).
c.       Menjelaskan (Clarify): Siswa memberikan pertanyaan tentang kosakata yang tidak terlalu lazim digunakan dan beberapa informasi yang tidak disampaikan pada teks. Tahap ini membantu siswa dalam mengidentifikasi apa yang tidak diketahuinya.
d.      Memprediksi (Predict): Siswa memprediksikan bagian selanjutnya dari teks tersebut.
7.      Tahap ketujuh adalah siswa meringkas seluruh bagian yang telah dibaca dengan meninjau ulang strategi membaca posse.
8.      Dengan menggunakan strategi membaca posse akan membantu dan mendorong siswa untuk memikirkan tahap-tahap yang digunakan. Englert dan Mariage menekankan bahwa penerapan strstegi membaca posse berhasil digunakan dalam dialog yang efektif dan memegang peranan penting dalam berdialog. Sedangkan Pesa dan Somers (2007) menemukan penelitian bahwa seandainya siswa tidak segera bertindak untuk melakukan semua tahapan dalam strategi posse, yang artinya bahwa mereka berusaha untuk tidak mengidentifikasi ide-ide pokok atau ide-ide yang ada karena mereka tidak memerlukan waktu untuk membiasakan diri dengan teks yang dibaca sebelumnya atau membutuhkan waktu untuk mengorganisir informasi yang ada.




C.    Teknik Membaca Posse
1.      P= Predict
Prediksikan informasi atau ide pokok apa yang ada dalam teks. Gunakan petunjuk yang ada dalam teks secara khusus dan pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya. I predict that...We predict...
2.      O= Organise
Menyatukan prediksi-prediksi dan memikirkan atau membayangkan pemetaan konsep atau menorganisir grafik.
3.      S= Search
Mencari untuk melihat seandainya saja prediksi yang ada sudah benar dan untuk menemukan ide pokok yang ada pada teks selanjutnya.
4.      S= Summarise
Meringkas ide-ide pokok setiap paragraf dan memberikan pertanyaan ‘teacher like’ tentang ide pokok yang terkandung.
5.      E= Evaluate
Didalam kelompok menjawab pertanyaan, kemudian melakukan hal-hal sebagai berikut:
a.       Membandingkan pemetaan konsep atau mengatur grafik.
b.      Menulis terlebih dahulu kata kunci dan menyusun apa yang dibutuhkan untuk menjelaskan lebih lanjut.
c.       Memprediksi tahap berikutnya atau paragraf yang ada berikutnya dalam suatu teks.













BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Membaca posse adalah strategi pemahaman membaca yang menggabungkan antara kemampuan membaca dan sekaligus mempelajarinya secara praktis dan efektif. Membaca posse menggunakan strategi memprediksi, mengatur, mencari, meringkas, dan menilai untuk dapat memahami informasi atau menjelaskan isi yang terkandung dalam suatu teks.
Stategi membaca posse memiliki tahapan-tahapan yang harus dilakukan yaitu yang pertama jelaskan tahapan pokok yang harus dilakukan, kemudian menggali pengetahuan yang dimiliki sebelumnya, lalu membuat konsep-konsep apa saja yang harus dilakukan, setelah itu menentukan ide-ide pokok yang ada dan meringkas hal-hal pokok yang dirasa penting, kemudian menilai dan tahap yang terakhir adalah meninjau ulang semua yang telah dibaca.

B.     Saran
Membaca posse memang jarang sekali ditemukan dalam pembelajaran, karena memang dirasa kurang familiar dan biasanya digunakan pada pengajaran anak-anak sekolah dasar, hendaknya strategi membaca ini diterapkan semestinya karena metode pengajaran membaca posse begitu praktis dan efektif.




















DAFTAR PUSTAKA

http://nbss.ie/search/node/posse/strategy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar