Senin, 03 Maret 2014

Tugas Portofolio 1 Psikolinguistik

Nama   : Liza Tri Handayani
NIM    : A310120232
Kelas   : 6F


Definisi Psikolinguistik
Linguistics is the discipline that describes the structure of language, including its grammar, sound system, and vocabulary. The field of psycholinguistics or the psychology of language, is concerned with discovering the psychological processes by which humans acquire and use language. Conventionally, psycholinguistics addresses three major concerns (Clafk & Clark, 1977; Tanenhaus, 1989).
1.      Comprehension           : How people understand spoken and written language.
2.    Speech production    : How people produce language the chapters that follow suggest that it is somewhat easier to study comprehension than production, we can use controlled language stimull and then analyze patters of accuracy and error, response time and other behaviors to arrive at an estimate of how listeners process language.
3.      Acquisition             : How people learn language. The major focus is this domain has been on now children acquire first language (developmental psycholinguistics) (Gleason dan Ratner, 1998:3-4).
Terjemahan:
Linguistik adalah disiplin ilmu yang mengidentifikasi struktur bahasa, terdiri atas tata bahasa, bunyi bahasa, dan kosakata. Bidang psikolinguistik atau psikologi bahasa adalah menyangkut proses psikologi yang berasal dari manusia dan bahasa yang digunakan. Biasanya, psikolinguistik terbagi menjadi tiga yang utama:
1.   Pemahaman                : Bagaimana seseorang bisa memahami bahasa lisan dan tulisan.
2.   Produksi ujaran          : Bagaimana seseorang menghasilkan bagian bahasa yang mengikuti pikiran menjadi sesuatu yang lebih mudah untuk dipelajari daripada dihasilkan, kita bisa mengatur bahasa dan menganalisis ketepatan dan kesalahannya, reaksi dan tindakan untuk mencapai sebuah dugaan bagaimana pendengar memproses bahasa.
3.    Perolehan                   : Bagaimana seseorang mempelajari bahasa. Fokus utama bagian ini dimiliki anak-anak yang memperoleh bahasa pertama (perkembangan psikolinguistik).
Kesimpulan
Psikolinguistik adalah ilmu interdisipliner dari cabang ilmu linguistik yang membentuk sebuah pemikiran dari manusia dan bahasa yang digunakan. Sehingga bahasa menjadi lebih mudah untuk dipelajari, diatur dan dianalisis ketepatan dan kesalahannya. Kemudian pendengar mampu mereaksi dan melakukan tindakan setelah mencapai dugaan dari proses analisis tersebut.
Daftar Pustaka
Gleason, Jean Berko, Nan Bernstein Ratner. 1998. Psycholinguistics: Second Education. America: Harcourt Brace College Publishers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar