Senin, 09 Mei 2016

Skripsi Hanya Soal Menunggu, Revisi, Jurnal Internasional, dan Perpustakaan

          Haiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii, lama ga nulis, lagi riweh banget soalnya. Sekarang pas nulis ini aja lagi riweh-riwehnya, pikiran dibagi ke empat cabang, padahal biasanya cuma bisa fokus satu aja. Yauda gapapa, anggap aja bonus, biar hasilnya makin greget, aamiin. Tapi aku sempetin buat nulis, karena pengen banget nulis cuma waktu lagi ga bersahabat, banyak banget yang pengen ditumpahin dan dibuang di tulisan blog, tapi apa daya, ada yang harus diprioritaskan :D.
Aku mau sedikit cerita tentang skripsi, meskipun belum selesai (doakan liza mau ujian sidang), tapi perjuangan selama ini tuh emang gada yang sia-sia. Meskipun bener, gatau cuma aku atau yang lain juga. Pas jaman kuliah sregepnya minta ampun, but pas skripsi jadi mahasiswi yang super males dan suka nunda-nunda waktu. But, itu cuma beberapa bulan kemarin kok, sekarang alhamdulillah super bahagia sekali, tinggal benahin dikit skripsi sama naskah publikasi soal teknis penulisan sama ngurus administrasi buat ujian sidang, doakan ya, paling lama akhir bulan ini, semoga ga sampai akhir bulan ini. Btw ngomongin skripsi, bener sih skripsi itu cuma soal menunggu (dosen pembimbing), revisi (proposal, bab, naspub yang tiada henti dan menguras kesabaran tetapi mengajarkan arti keikhlasan dan legowo), jurnal internasional (yang nyarinya susah pakai bayar juga, padahal sini baru mahasiswa, kan jahat, tapi akhirnya perpus kampus nyediain yang berbayar-berbayar itu jadi gratis karena kita bayar spp, gitu mungkin analoginya yak, haha), dan perpustakaan (yang harusnya versi aku perpustakaan itu harus yang super nyaman, super hening, wifi lancar, dan koleksi bukunya lengkap, benar-benar surga dunia).
          Ngomongin soal menunggu, alhamdulillah udah gapernah menunggu, soalnya bimbingan terstruktur banget, apalagi Bu Laili duh, alhamdulillah banget dosen pembimbing terbaik sepanjang masa, sayang Bu Laili pokoknya. Dulu pernah bersakit-sakit dahulu karena punya dua pembimbing, bingung gimana mau nyatuin bimbingan, soalnya beda-beda revisiannya, jadi bingung, tapi setelah prodi mengambil kebijakan buat dosbing satu aja, jadinya ya alhamdulillah sekali dan aku pilih Bu Laili, selain suka ngajak cari pengalaman, Bu Laili juga dulunya nyaranin buat pilih Bu Laili yang jadi pembimbingku, dan aku sempat bingung, ya meskipun akhirnya Bu Laili terbaik, dan bimbingan ke sembilan ini alhamdulillah udah disuruh ngurus buat ujian, seneng, bahagia, semoga lancar sama temen-temen yang lain juga. udah itu aja tentang menunggu, intinya agak ga nyambung, dan dosbing Bu Laili jarang nunggu kitanya, soalnya udah janjian, paling kalau pas bimbingan tapi Bu Laili baru ada tamu, nah aku sama temen-temen mau gamau harus nunggu. Paling cuma 30 menit- 1 jam, ga lama kok alhamdulillah, kayak tadi disuruh nunggu Bu Laili mau pulang dulu ambil uang, yelah si Ibu ada-ada aja :D.
             Yang kedua soal revisi, oke revisi itu artinya (re) "mengulang" (visi) "pandangan" jadi artinya mengulang pandangan, hahahaha. Jadi, revisi itu memperbaiki apa yang kita kerjakan, kurang ini revisi, kurang teori revisi, kurang jurnal revisi, kurang tanda titik revisi, salah ketik revisi, revisi dan revisi. Agak jenuh sih, tapi ya begini proses skripsi, miripan kayak proses hidup. Kalau revisi ga buruan dikerjain, lama-lama bakal numpuk banyak revisinya, udah kayak masalah hidup yang ga buru-buru diselesein nanti bakal numpuk banyak masalahnya. Jadi, yok buruan dikerjakan kalau ada revisi (meskipun dulu aku males, tapi kalau bukan diri kita siapa lagi, gitu, semangat). Matiin dulu aja handphonenya, buka laptopnya, buka bukunya, buka revisiannya, baca, ketik, jadi deh, besok dikonsulin lagi, tapi revisiannya yang teliti ya, biar ga ngulang revisian lagi, gada usaha yang sia-sia kok :).
        Jurnal Internasional yassalam. Pas disuruh nyari jurnal inter minimal 5 buat skripsi, aku langsung tepar, dari banyaknya halaman web jurnal Internasional gratis yang aku cari, bahkan gada satu pun penelitian yang relevan sama penelitianku, ngilu-ngilu sedih gemes gitu deh awalnya, udah di ambang putus asa soalnya ga nemu-nemu, lalu nangis malem-malem, kok susah Ya Allah, tolong Ya Allah, sampai pada akhirnya ngadu sama pembimbing, sampai pada akhirnya dikasih tau kalau yang bayar-bayar itu difasilitasi kampus lewat perpus, alhamdulillah seketika ada lampu neon kuning 10 watt, hari berikutnya langsung cuss perpus lantai satu nyari komputer kosong dan dapet, akhirnya, alhamdulillah, yeay dapat kursinya belum dapat jurnalnya, setelah dua jam searching sampai komet ga nemu-nemu juga jurnalnya, habis itu langsung pulang galau badai. Terus hari berikutnya merpus lagi dan akhirnya dubidam taram taram dubidam belum nemu juga, udah nyoba segala macam kata kunci, dannnnnnn taraaaaaa, nemu satu setelah pakai kata kunci textbooks, ya meskipun baru satu tapi senengnya sampai petugasnya ikut noleh, nemu satu pun itu di kunci pencarian nomer puluhan, intinya harus sabar, oke buka satu persatu dan adapet lagi, sampai seterusnya di kunci pencarian sampai nomer ratusan, dan alhamdulillah nemu mayan, 6 cukup gausah banyak-banyak takutnya malah pusing. Yeay intinya nyari jurnal itu gaboleh putus asa, harus sabar dan tetap semangat mantengin layar komputer perpus :), bisa klik ini, atau ini, atau yang ini, apa ini , ini juga boleh untuk cari jurnal Internasional gratis, tapi ga lengkap banget sih, atau ini yang buat jurnal lokal tapi isinya keren-keren, semangat cari jurnal ya, semangatttttttt. 
            Yang terakhir itu perpustakaan, andai aja aku punya waktu banyak di kampus sampai sorean, mau banget deh ngabisin waktu di perpus. Perpus kampus lumayan nyaman sih, apalagi ruang cadangan yang pakai kursi sendiri, bener-bener kayak perpus milik sendiri, nyaman, bisa lihat apapun karena ada jendela yang super gede, enak pokoknya, tapi sayangnya ada satu buku buat teoriku tapi gada di perpus, syedih, harus beli deh, semoga bookstore besok ada, kalau ga ya ke Jogja, demi demi demi, semangattttttttt, kalap mah kalau di Jogja pas punya uang bukunya nanti bisa beli banyak dan duit habis, yelah. kok jadi ga nyambung dari topik ya, oke intinya perpusku nyaman banget cuma karena satu buku gada, nyaman itu jadi terhambat. Syudah aku mau ngetik administrasi buat ujian, sampai jumpa di postingan berikutnya yaaaaaaaaa, semangat ;).


Senin, 9 Mei 2016
22.22
Skripsi I LOVE YOU 
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar